Gaya Hidup Konsumtif Remaja Masa Kini

395 views

W21studio.Com – Gaya Hidup Konsumtif Remaja Masa Kini, Gaya Hidup Konsumtif Remaja Masa Kini

Gaya Hidup Konsumtif Remaja Masa Kini

Gaya Hidup Konsumtif Remaja Masa Kini – Membicarakan hal-hal mengenai remaja sepertinya tidak akan pernah habis. Begitu pula dengan gaya hidupnya. Remaja terkenal suka meniru-niru apapun atas dasar ingin tahu. Karena itu, tak heran jika gaya hidup remajasekarang konsumtif, layaknya artis jaman sekarang yang sering muncul di televisi.
Gaya Hidup Konsumtif Remaja
Gaya Hidup Konsumtif Remaja
Mengapa bisa begitu? Coba saja bandingkan dengan gaya hidup remaja jaman dulu yang jarang sekali menonton tivi. Hanya sesekali mereka menonton tivi. Jadi informasi mengenai artis maupun tren mode tidak cepat seperti jaman sekarang ini. Tentunya hal ini sangat berhubungan langsung dengan bagaimana para remaja itu mencontoh idola-idola mereka.

Selain itu, hal ini juga disebabkan oleh uang. Remaja jaman dulu mungkin jarang yang mempunyai uang banyak, karena orang tua mereka mungkin saja hanya seorang petani yang hasil sawahnya hanya cukup untuk makan sehari-hari. Remaja jaman dulu juga lebih dididik bagaimana untuk menghasilkan banyak uang dengan cara bekerja keras. Tetapi sekarang sungguh berbeda. Kebanyakan remaja jaman sekarang lebih suka meminta uang dari orangtua mereka untuk membeli android atau gadget baru lainnya daripada membelinya dengan hasil keringat sendiri. Bahkan orangtua jaman sekarang kebanyakan tidak mendidik anaknya untuk bekerja keras agar sukses di masa depan, bukan hanya menikmati senangnya saja seperti sekarang ini.

Karena uang ini, serta keinginan remaja untuk serupa seperti idolanya, mendorong mereka untuk memiliki gaya hidup konsumtif. Misalnya saja booming bintang-bintang Korea seperti sekarang ini. mereka dengan senang hati membelanjakan uangnya untuk membeli barang-barang berbau Korea, misalnya saja asesoris berbau Korea hingga pakaian dan sepatu ala Korea. Kemudian, karena bintang-bintang Korea itu menggunakan berbagai macam gadget menarik, para remaja ini menjadi tertarik untuk memiliki gagdetnya juga.

Bicara soal gadget, sebenarnya bicara juga soal keinginan. Hal ini dikarenakan setiap orang pastilah mempunyai keinginan untuk mempunyai gadget-gadget semacam android dll. Pada remaja, hal ini cukup unik. Jika satu orang temannya mempunyai gadget baru, mereka pasti ingin memilikinya juga. Jika ada temannya yang meng-upload foto-foto cantik hasil editan gadget mereka, mereka juga pasti ingin memilikinya. Terkadang teman yang sudah punya gadget ini menghina teman lain yang belum punya gadget. Karena itulah, mereka meminta orang tua mereka untuk membelikan gadget yang mirip dengan punya temannya. Inilah cikal bakal gaya hidup konsumtif remaja, yang sebenarnya hanya karena malu diejek temannya karena tidak mempunyai gadget baru.

Gaya hidup remaja seperti ini sekarang sudah mengkhawatirkan. Karena, salah satu pemicu stress terbesar para remaja adalah tidak bisa menyesuaikan diri dengan gaya hidup seperti teman-temannya yang konsumtif. Hal ini bisa memicu konflik dengan orang tuanya, teman-temannya, dan bahkan dengan dirinya sendiri hingga menimbulkan minder.

Lalu apa yang harus dilakukan agar para remaja tidak terjebak dalam gaya hidup konsumtif ini? Sebenarnya, hal ini bisa dimulai dari keluarga. Keluarga sebaiknya menanamkan nilai kerja keras pada anaknya agar tidak hanya bersenang-senang saja di waktu muda, tetapi harus bisa mempunyai masa depan yang lebih baik di kehidupan dewasanya nanti.

Meskipun begitu, masih ada remaja yang berprestasi dengan tidak terlalu mempedulikan gaya hidup konsumtif. Para remaja seperti inilah yang layak ditiru, tidak seperti para artis yang seringkali terjebak gaya hidup yang sering berakhir pada hal-hal buruk. Misalnya saja penangkapan artis akibat narkoba beberapa waktu lalu yang sempat membuat heboh publik. 

Ok, rekan remaja, selalu berlaku positif adalah sebuah pilihan yang wajib kita lakukan. Salam, areakesehatanwanita.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Gaya Hidup Konsumtif Remaja Masa Kini, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Gaya Hidup Konsumtif Remaja Masa Kini berguna untuk anda.